Minggu, 10 Februari 2019

MATERI PERTEMUAN 2 (Network Centric Principles dan Information Enterprise)

MATERI PERTEMUAN 2
(Network Centric Principles)

Nama :Afani Agung Nugroho
Nim    :1605551005
Dosen :I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah :Network Centric Principles
Kampus :Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana

Kali ini akan dibahas pemahaman teori mengenai Network Centric Principles dan Information Enterprise. IE merupakan informasi skala enterprise, yang memiliki nilai jual .IE berhubungan dengan IB (Information Business) yang merupakan bisnis di era digital yang berorientasikan kepada informasi.

Information Enterprise dan 3 Jenis Information Business
Berikut ini merupakan Information Enterprise dan 3 Jenis Information Business 
  • Information Content Core Competence 
  • Information Appliance Core Competence 
  • Information Transport Core Competence
3 Element Pada Internet Enterprise
  • Information Processing Create, delete, update konten dan informasi
  • Office Technology Semua teknologi yang digunakan : sistem operasi, aplikasi, sistem, dll yang membantu pengolahan data menjadi informasi dan manajemen informasi
  • Telecommunication Jaringan komputer, akses internet, dll yang membantu terdistribusinya informasi.
Routing dan Switching
Routing adalah proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Sedangkan switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi. Sirkuit yang dedicated tidak dapat digunakan oleh penelepon lain sampai sirkuit itu dilepaskan, dan koneksi baru bisa disusun. Bahkan jika tidak ada komunikasi berlangsung pada sebuah sirkuit yang dedicated, kanal tersebut tetap tidak dapat digunakan oleh pengguna lain. Kanal yang dapat dipakai untuk hubungan telepon baru disebut sebagai kanal yang idle.

Service Provider
Service Provider adalah perusahaan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestic maupun internasional sehinga pelangan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT. Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet (ISP).

Data Center
Data Center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi), pencegah bahaya kebakaran, serta piranti keamanan fisik. Salah satu penempatan server untuk website atau database.

Security
Security atau keamanan data merupakan upaya untuk mengamankan aset informasi terhadap ancaman yang mungkin timbul. Sehingga keamanan informasi secara tidak langsung dapat meminimalkan risiko yang terjadi. Semakin banyak informasi yang disimpan, dikelola dan dibagikan maka semakin besar pula risiko terjadinya kerusakan, kehilangan atau tereksposnya data ke pihak eksternal yang diinginkan.

Linux
Linux adalah salah satu Operating System (OS), sama seperti Windows. Linux merupakan sistem operasi yang OPENSOURCE, artinya linux dapat dilihat source codenya, dimodifikasi, dan dikembangkan oleh siapa saja. Asas Linux bermula daripada proses pengembangan UNIX yang mana merupakan implementasi bebas dari POSIX, multi-tasking, vitual memory, shared libararies, demand loading, proper memory management, dan multi user. 

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows  9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.

Referensi
[1] I Putu Agus Eka Pratama "PPT Network Centric Principles Pertemuan 2". 2019.

0 komentar:

Posting Komentar