Senin, 25 Maret 2019

ICN (Information Centric Network)

Nama  :Afani Agung Nugroho
Nim     :1605551005
Dosen  :I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah  :Network Centric Principles
Kampus :Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana


Kali ini akan dibahas pemahaman teori  lebih detail mengenai ICN (Information Centric Network), yang dibahas sekarang yaitu mengenai apa itu ICN ? Apa nilai Penting ICN pada implementasi NCP? untuk mengetahui lebih lanjut dapat dilihat artikel berikut.

ICN (Information Centric Network) merupakan sesuatu yang penting dalam pengimplementasian NCP, ICN  juga merupakan suatu solusi yang sangat baik dalam suatu jaringan internet. Information-Centric Networking (ICN) memperkenalkan perubahan radikal dalam komunikasi Internet. ICN bertugas sebagai sistem yang dapat menjadikan suatu jaringan internet menjadi data, informasi dan konten. ICN menekankan akses informasi tanpa memandang lokasi melalui pendekatan baru berbasis data, yang memungkinkan jaringan untuk secara aktif mengirimkan konten. ICN menggunakan konsep inovatif, seperti konten bernama, routing berbasis nama, mekanisme keamanan yang diterapkan langsung ke konten dan cache konten dalam jaringan. Pendekatan ICN berbeda secara signifikan dari arsitektur Host-Centric Network (HCN). Dengan memperlakukan konten sebagai prioritas dalam arsitektur jaringan daripada node penyimpanannya. Berikut ini akan dijelaskan skema atau konsep dari ICN.



Skema pengguna dalam mendapatkan data, informasi dan konten

Berdasarkan gambar berikut merupakan suatu skema dalam suatu sistem yang terpercaya dan tidak terpercaya yang berfungsi untuk pengguna yang akan menginginkan suatu data dan informasi pada jaringan internet. Pengguna harus memperoleh data, informasi, dan konten yang terpercaya dari penyedia yang terpercaya. Kepercayaan terhadap suatu penyedia layanan juga sangat berpengaruh terhadap keamanan, privasi, dan kenyamanan meliputi pengguna ISP, koneksi internet, dan keamanan di dalam jaringan. Keamanan jaringan tersebut meliputi firewall, cloud, IDS, dan penamaan DNS. 

Sejumlah skema penamaan dapat digunakan untuk mengidentifikasi konten dan secara langsung meminta distribusi konten ke infrastruktur jaringan. Tiga teknik penamaan konten dasar dapat digunakan dalam ICN:
  • Penamaan Datar: penamaan yang dilakukan secara acak untuk mencari set bit yang digunakan untuk mengidentifikasi objek.
  • Penamaan Hierarkis: penamaan dengan menggabungkan komponen string nama yang berbeda sehingga unique identifiers dapat dibentuk dan ditetapkan ke konten
  • Penamaan Berbasis Atribut: penamaan dari bentuk [atribut = nilai] ditetapkan untuk konten dan memungkinkan untuk mengidentifikasi konten

Berikut merupakan suatu desain yang terkenal dari ICN oleh NetInf.



ICN sangat berperan penting untuk kenyamanan pengguna, maka dari itu hal yang dilakukan yaitu memastikan semua node yang ada pada network memiliki keamanan dan otentikasi (server, client, node), penyedia layanan konten yang ingin diakses juga harus layanan yang sangat terpercaya, topologi jaringan yang baik untuk meningkatkan suatu layanan, dan juga penamaan DNS yang baik juga sangat penting untuk faktor kenyamanan dan keamanan di dalam ICN

[1] I Putu Agus Eka Pratama "PPT Network Centric Principles Pertemuan 6". 2019.



0 komentar:

Posting Komentar