Senin, 08 April 2019

Service Oriented Architecture (SOA)

Nama   :Afani Agung Nugroho
Nim      :1605551005
Dosen   :I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah  :Network Centric Principles
Kampus  :Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana

Kali ini akan dibahas pemahaman teori  lebih detail mengenai mengenai Service Oriented Architecture (SOA) dan akan membahas hubungan antara SOA dengan konsep Network Centric Principles (NCP), serta kaitannya dengan kebutuhan enterprise.

Apa itu Service Oriented Architecture (SOA) ?

Service Oriented Architecture (SOA) merupakan sebuah pendekatan dalam merancang desain sistem / software yang mana setiap komponen memberikan jenis layanan tertentu. Pada dasarnya SOA adalah sebuah arsitektur aplikasi dimana semua fungsi, layanan- layanan didefinisikan menggunakan sebuah  bahasa yang  terdeskripsi dan dapat  mengakses  antarmuka  yang  dipanggil  untuk melakukan  proses-proses  bisnis.  Setiap  interaksi adalah  independen  terhadap  yang  lain. Karena antarmuka  bersifat  independen  terhadap  platform, setiap  klien  dari  sembarang  device  dapat menggunakan  service  yang  disediakan.  SOA menghubungkan  sistem  operasi  yang  beragam  dan mampu  melakukan  otomatisasi  terhadap  proses bisnis  suatu  organisasi  secara  internal  atau enterprise.

Contoh Penerapan Service Oriented Archtitecture (SOA)
Penerapan Service Oriented Architecture (SOA) di bidang perbangkan memerlukan suatu jaringan computer sebagaimana yang diperlukan oleh sistem atau software lainnya. Service Oriented Architecture (SOA) berhubungan dengan NCP karena NCP menyediakan berbagai solusi untuk arsitekstur jaringan, konten, data, service hingga keamanannya. 


Gambar diatas merupakan contoh dari perkembangan sistem Service Oriented Architecture (SOA) pada bidang perbankan, dimana dengan menggunakan SOA akan membantu bank dalam bisnis prosesnya seperti integrase antara bak service dengan manusia/costumer yang memberikan bebrapa kelebihan human interfaces seperti Internet Banking, Telephone Baking, ATM Banking dan Personal Banking. Selain itu Service Oriented Architecture (SOA) juga memberikan suatu proses computer system interfaces (Web Servics) seperti Costumer-to-Bank, Bank-to-Bank dan Enterprise-to-Bank.

Referensi
[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Centric Principles Pertemuan 10". 2019


0 komentar:

Posting Komentar