Senin, 19 Februari 2018

MATERI PERTEMUAN 1 (OPERATING SYSTEM)




MATERI PERTEMUAN 1
(Operating System)

Nama               : Afani Agung Nugroho
Nim                 : 1605551005
Mata Kuliah    : Network Operating System
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST.,MT.
Kampus           : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Apa itu (OS) Operating System ? Operating system atau yang biasa di sebut Sistem Operasi merupakan salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggung jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer. Menurut William Stalling : Sistem Operasi merupakan program komputer (software) utama yang bertindak sebagai penghubung dan tatap muka (interface) antara hardware dengan software lainnya, yang sekaligus mengontrol eksekusi program,software, dan aplikasi”

SISTEM OPERASI
 Hasil gambar untuk linux

Sumber : www.google.com

Linux adalah sebuah perangkat lunak yang berupa sistem operasi pada open source yang disebarluaskan secara gratis di bawah naungan lisensi GNU (Gnu Not Unix). Software ini merupakan turunan unix yang bekerja di berbagai jenis hardware komputer. Lisensi GNU memberikan program lengkap beserta sumber kodenya (source code).
Selain itu, GNU memberikan hak mengkopi kode sumber sebanyak mungkin bahkan mengubahnya sekalipun. Semua yang dilakukan itu legal di bawah payung lisensi. Pihak yang berkeinginan menarik biaya dalam penggandaan atau pengiriman program juga diperbolehkan oleh lisensi GNU.

 Hasil gambar untuk freebsd
Sumber : www.google.com

FreeBSD adalah salah satu system operasi yang bersifat open source. FreeBSD sebagai salah satu dari keluarga BSD, saat ini sangat banyak digunakan dan bahkan dikembangkan di berbagai kalangan individu, perusahaaan dan bahkan universitas. Bila dibandingkan dengan Windows, FreeBSD relatif lebih sulit dalam penggunaan, karena masih bersifat text base dalam memberikan command, sedangkan windows memiliki GUI yang jauh lebih dibandingkan dengan FreeBSD. Namun, terdapat juga varian BSD yang memiliki GUI, seperti PC-BSD. Keunggulan FreeBSD dibandingkan dengan Windows, adalah kebebasan dalam penggunaan, bahkan pengembangan dari system operasi tersebut, karena lisensi yang sudah dijamin untuk kebebasannya.

Struktur Software dan Hardware Komputer

Seperti yang kalian ketahui sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah  penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain dan memiliki akses kepada sistem file. Untuk mengetahui penghubung atau hubungan antara lapisan hardware dan software dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar : Computer Hardware dan Software Structure

Peran Sistem Operasi
Berikut ini merupakan beberapa peranan penting dari sistem operasi.
1.         Membantu pengembangan software (IDE, debugger, editor).
2.         Eksekusi program (executable, install)
3.         Akses ke I/O Device
4.         Kontrol akses ke file dan data (privillege)
5.         Akses ke sistem (root, user)
6.         Deteksi error dan penanganannya
7.         Menghitung statistik penggunaan resource komputasi.
8.         Manajemen instruksi melalui bahasa mesin (software) dan hardware
9.       Penanganan data binari
10.    Penyediaan API (Application Programming Interface) untuk pengembangan     software.

Sistem Operasi dan Manajemen Resource



Gambar : Os dan Manajemen Resource

Berdasarkan gambar diatas Sistem operasi menangani langsung instruksi ke processor untuk langsung mengeksekusi sebuah program, mengatur waktu eksekusi (time execution), dan mengatur penjadwalan program yang akan dijalankan.

Referensi :
[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Operating System". 2018



0 komentar:

Posting Komentar